PENYEMBUHAN INFEKSI RONGGA TULANG EKOR DENGAN METODE NAPAS HYPEROXIA

Beberapa waktu lalu saya dihubungi oleh seorang kolega jauh yang tinggal ribuan kilometer dari Pontianak. Karena jarak dan geografis, kami biasa berkomunikasi via medsos dan pada kesempatan itu dia mengeluhkan mengenai sakitnya di tulang ekor. Disebutkan bahwa tuleng ekornya mengalami penyempitan rongga yang menimbulkan nyeri hebat sehingga syaraf penghubung yang berkumpul dibagian itu tidak berfungsi dengan benar dan mengakibatkan masalah pada motorik dan sensorik pada pinggang ke bawah.

Dibawa kerumah sakit, dan harus dioperasi. Setelah selesai operasi, nyeri itu ternyata tetap sama bahkan kadang membuat kakinya mati rasa dan ini amat mengganggu aktifitasnya. Sensoriknya bermasalah.

Baik, kita akan bahas sebenarnya apa yang terjadi dengan teman kita ini :

Gangguan ini sebenernya langka yang mempengaruhi bundel akar saraf (cauda equina) di tulang belakang bagian bawah (lumbar) akhir dari sumsum tulang belakang dan sepertinya operasi adalah sebuah pilihan darurat.

Seperti yang kita tahu otak memberi perintah kepada tubuh lewat jaringan syaraf yang melewari rongga tulang belakang, akar saraf mengirim dan menerima pesan ke dan dari organ-organ panggul dan tungkai bawah. Penjepitan syaraf akibat pengecilan rongga ( Cauda equina syndrome ) terjadi ketika akar saraf dikompresi/di tekan dan lumpuh, menekan bagian sensasi rasa dan gerakan. Akar saraf yang mengontrol kaki dan fungsi kandung kemih serta usus sangat rentan terhadap kerusakan.